Kamis, 26 Juli 2012

Bandara Perketat Pemeriksaan Kargo



YOGYA, TRIBUN – Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta memberlakukan dua kali pemeriksaan terhadap barang – barang kargo di Bandara. Manager Personalia dan Umum PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Cahyadi, mengatakan, kebijakan yang telah dimulai bulan lalu ini bertujuan untuk memperketat keamanan pengiriman barang.
            “Pemberlakuan dua kali pemeriksaan ini semata – mata demi urusan keamanan, karena saat ini semakin banyak penyelundupan barang – barang terlarang,” ujar Cahyadi, Rabu (4/7).
            Sejak awal Juni lalu, bandara memang telah memberlakukan sistem dua kali pemeriksaan masing – masing di lini satu dan lini dua. Dengan sistem pemeriksaan dua kali ini, Cahyadi mengakui memang akan menambah lama waktu untuk barang – barang angkutan.
            Pemeriksaan di lini satu akan memakan waktu sekitar 10 sampai 20 menit, sementara di lini dua juga akan memakan waktu hampir sama dengan lini satu. Lini satu adalah pemeriksaan fisik kasat mata dan penimbangan, sementara lini kedua pemeriksaan Gapura.
            Di lini satu, kargo akan melalui enam kali pengecekan, mulai pemeriksaan fisik, x-ray, hingga penimbangan. Di lini dua akan ditargetkan menjadi area clean set, area yang sudah tidak ada lagi permasalahan, tinggal diangkut dan dipindah ke dalam pesawat.
            “Kami sedang mengujicobakan sistem ini selama tiga bulan. Kami juga akan melakukan evaluasi jika ada hambatan dalam pelaksanaan sistem ini,” tambahnya.
            Dengan sistem pengamanan seperti ini, lanjutnya, ia yakin dapat meminimalisir adanya modus pengiriman barang – barang terlarang semakin canggih. (gya)

Sumber Berita : Tribun Jogja
Tanggal : 5 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar