Minggu, 08 Juli 2012

Launching Puskesmas Keliling


SLEMAN – Dalam rangka turut ambil bagian mendukung program pemerintah menurunkan angka kesakitan dan angka kematian ibu dan anak, PT Angkasa Pura I (Persero) meluncurkan sarana pelayanan kesehatan bergerak berupa puskesmas keliling pelayanan kesehatan ibu hamil dan anak. Acara peluncuran program puskesmas keliling ini dilaksanakan di Balai Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Kamis (5/7).
Hadir dalam acara ini Direktur Keuangan Angkasa Pura I Gunawan Agus Subrata, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Sleman Sri Purnomo, Kapolda DIY Sabar Rahadjo, jajaran Muspida DIY, jajaran Kepala Dinas Lanud Adisutjipto, perwakilan maskapai penerbangan, serta Kepala Desa dan Kepala Dukuh di sekitar Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.
Sarana pelayanan kesehatan bergerak yang merupakan salah satu wujud program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Angkasa Pura I (Persero) ini didedikasikan untuk menjangkau masyarakat yang kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatanpemerintah. Sarana pelayanan kesehatan bergerak ini akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan yang terampil dan berkompeten untuk keperluan pelayanan kesehatan dasar, kesehatan ibu dan anak, imunisasi, pencegahan dan penanggulangan diare, serta penanggulangan anemia gizi besi pada wanita usia subur pada masa kehamilan, melahirkan, dan nifas. Selain itu, juga akan disediakan obat-obatan, vaksin, dan pemberian makanan tambahan bergizi bagi ibu hamil dan balita.
“Puskesmas keliling ini dilakukan di sekitar wilayah kerja PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Adisutjipto. Dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan RSAU dr S. Hardjolukito dan didukung oleh Puskesmas Prambanan. Direncanakan ada empat buah mobil yang disiapkan sebagai sarana kesehatan bergerak ini nantinya,” ujar Gunawan Agus Subrata.
Untuk tahap awal, Angkasa Pura I telah menyiapkan satu unit mobil layanan, sementara RSAU Hardjolukito yang didukung oleh Puskesmas Prambanan menyiapkan tenaga medis dan pendukung operasional puskesmas keliling ini, seperti dokter, tenaga paramedik (perawat dan bidan), tenaga farmasi, obat-obatan, dan vaksin.
Kegiatan ini akan dilakukan dua kali seminggu dengan durasi 7 jam per hari, menyasar desa-desa di Kecamatan Prambanan yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan. Diharapkan, kegiatan ini dapat melayani 65 sampai 100 orang pada setiap kegiatan. “Targetnya, dalam kurun waktu Juni hingga Desember 2012 program ini dapat terlaksana 57 kali kegiatan. Angkasa Pura I sendiri siap menganggarkan sekitar Rp 190 juta untuk mendukung program ini,” tambah Gunawan.
Diharapkan kegiatan ini dapat membuka akses masyarakat ke fasilitas dan tenaga kesehatan yang berkualitas, menambah pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan ibu, serta meningkatkan status gizi dan kesehatan ibu hami. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar